Videotron untuk auditorium membutuhkan berbagai kelengkapan yang memiliki fungsi masing-masing. Alat-alat atau perlengkapan yang dibutuhkan untuk advertising dengan auditorium pasti berbeda. Advertising lebih simpel dan sederhana persiapannya, sedangkan auditorium membutuhkan perlengkapan yang lebih banyak. Apa saja kebutuhan videotron untuk auditorium?

Kebutuhan Sumber Input Videotron untuk Auditorium

Alat-alat yang termasuk sumber input adalah semua device yang dapat menghasilkan konten, baik dalam bentuk video maupun gambar. Beberapa alat tersebut adalah kamera, wireless, media player, CPU, IPC, dan laptop. Tapi tidak semua alat ini akan digunakan karena akan menyesuaikan dengan kebutuhan auditorium.

Satu alat yang paling umum dan pasti digunakan adalah PC seperti laptop dan komputer. PC menjadi alat pokok karena sebagai media pengendali konten. Maksudnya adalah apa yang akan ditampilkan pada layar videotron nantinya dihandle melalui perangkat lunak tersebut. 

baca juga :  Tips Penting Dalam Memilih Videotron Untuk Advertising

Dalam mempersiapkannya, pasti ada perbincangan terlebih dahulu dengan vendor sehingga Anda harus memperhitungkan terlebih dahulu apa saja yang akan Anda butuhkan. Untuk jumlah input video processor ketika ditanyakan oleh vendor, Anda cukup menjawab dengan berapa jumlah inputnya. 

Nah, agar Anda bisa memperhitungkan terlebih dahulu maka sebaiknya cari informasi terlebih dahulu mengenai video processor dan semua jenisnya. Jangan sampai ketika Anda hanya membutuhkan 2 input tapi meminta vendor untuk menyiapkan 3 input. https://sewavideotron.com/sewa-videotron-jakarta/

Videotron untuk Auditorium Membutuhkan Multi Layer

Multi layer adalah satu layar yang menampilkan lebih dari satu tayangan yang biasanya ada 3 tayangan. Untuk bisa mendapatkan tampilan seperti ini pada layar, maka Anda harus membicarakannya dengan vendor videotron agar dipersiapkan. 

Anda tinggal hanya mengatakan kepada vendor berapa layer yang dibutuhkan. Dengan demikian vendor akan memberikan solusi untuk mengcover segala kebutuhan Anda. Sudah sering terjadi kesalah di pemilihan multilayer ini. Ketika membutuhkan layer sebanyak 4 tapi Anda hanya memesan 2 saja maka resiko yang diterima adalah menyiapkan video processor lagi.

Selain itu, video processor juga tidak akan terpakai lagi. Oleh karena itu, Anda harus memperhitungkan secara matang segala kebutuhan Anda agar tidak menghabiskan terlalu banyak uang.

Kebutuhan Live Camera pada Videotron untuk Auditorium

Berbeda dengan outdoor, kalau untuk auditorium yang berposisi di dalam ruangan sudah pasti Anda akan membutuhkan live camera. Nah, lagi-lagi Anda harus memperhitungkan dengan baik dan penuh pemikiran untuk jumlah kamera yang akan digunakan. Jumlah live camera ini harus disesuaikan dengan slot input yang sudah Anda pikirkan sebelumnya.

Selain itu, hal yang harus Anda perhitungkan adalah jarak kamera dengan ruang control. Jika Anda akan menggunakan kamera dengan kabel SDI, maka jarak maksimal yang akan Anda dapatkan adalah 300 meter. 

Tapi, yang penting untuk diingat adalah jangan sampai auditorium yang akan Anda gunakan untuk sebuah acara terdapat banyak kabel yang berserakan. Jadi, usahakan meminimalisir penggunaan kabel yang bisa Anda bicarakan dengan vendor videotron nantinya.

Kebutuhan Wireless Presentation

Walaupun di auditorium, tidak menutup kemungkinan jika Anda akan membutuhkan wireless presentation. Apa sih kegunaan wireless presentation? 

Gunanya adalah untuk memudahkan pembicara untuk mempresentasikan slide demi slide yang sudah disiapkan melalui handphone atau tablet. Jadi, Anda tidak perlu lagi menggunakan pointer untuk menyampaikan apa yang sedang Anda presentasikan.

Kebutuhan Video Mixer

Beberapa orang tidak bisa membedakan antara video mixer dengan video processor. Video mixer ini adalah sebuah alat yang gunanya mengatur apa saja konten yang akan ditampilkan pada layar videotron. Perlu Anda ketahui terdapat dua jenis video mixer yaitu bentuk console dan software.

Apabila Anda menggunakan video mixer console maka Anda bisa membuat efek dan transisi menggunakan video processor dari satu konten ke konten lain dengan sangat halus. Tapi jika Anda memilih untuk menggunakan software maka Anda hanya membutuhkan komputer saja untuk menjalankan fungsi seperti video mixer console. 

Hal Penting yang Wajib Diperhatikan

Selain beberapa kebutuhan di atas, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah jalur penarikan kabel dan pemilihan jenis panel videotron. Kedua hal ini sangat penting diperhatikan ketika membuat acara di auditorium. Seperti yang sudah disampaikan di atas, penataan auditorium merupakan sesuatu yang pokok.

Jadi, maksudnya adalah hindari banyak kabel yang berserakkan agar tidak mengganggu tim acara maupun tamu yang hadir pada auditorium tersebut. Sedangkan untuk panel, sebaiknya Anda memilih videotron dengan panel yang bongkar pasang.

Itulah semua perlengkapan videotron untuk auditorium yang harus disiapkan. Selain itu, disini juga sudah dituliskan hal penting yang harus diperhatikan agar tidak sampai terjadi masalah. Jadi, untuk semua orang yang membutuhkan videotron sebagai pelengkap auditorium, semoga informasi ini bisa menjadi referensi agar bisa mempersiapkan semuanya dengan vendor videotron dengan baik dan penuh kepercayaan. 

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *