Videotron menjadi salah satu media promosi utama bagi beberapa usaha. Bukan hanya itu saja, videotron juga seringkali dijadikan media yang ikut turut serta mewarnai dunia entertainment. Bahkan tidak jarang juga instansi pemerintah menggunakan videotron untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada rakyatnya. Atau mungkin anda sendiri yang sedang membutuhkan videotron. Melihat peranan videotron yang begitu penting, maka tidak ada salahnya kita menilik sejenak tentang apa itu videotron dan bagaimana cara membuatnya.

Dalam artikel kali ini, maka akan dibahas lebih lanjut mengenai penjelasan tentang videotron serta bagaimana cara membuat videotron sendiri.

Apa itu videotron

Videotron merupakan alat elektronik berupa layer panel dengan lampu LED yang mampu menampilkan visual apapun baik itu gambar, video, chart dan konten lainnya. Videotron sejatinya merupakan proyeksi dari komputer yang dialirkan melalui kabel data dengan berbagai bantuan dari controller dan powersupply. Sederhananya, layer yang ditampilkan pada monitor komputer yang tersambung dengan panel videotron akan menampilkan visual yang sama.

Untuk jenisnya sendiri videotron dibagi menjadi dua yaitu videotron indoor dan outdoor. Sesuai namanya, videotron indoor digunakan dalam ruangan dengan skala terbatas. Biasanya hanya digunakan untuk bantuan presentasi perusahaan, media informasi, dan lain sebagainya. Untuk jenis videotron outdoor akan dipasang pada luar ruangan dengan skala pemirsa yang tidak terbatas. Biasanya digunakan sebagai media promosi suatu produk, penyampaian informasi atau iklan layanan masyarakat, hingga entertainment.

Bahan pembuatan videotron 

Merakit videotron sendiri menjadi salah satu solusi bagi beberapa orang untuk membantu kebutuhan sehari-harinya. Tidak sedikit pula orang-orang lebih memilih untuk merakit videotronnya sendiri daripada membeli. Selain efisiensi biaya, ini juga akan memberikan wawasan lebih luas. Solusi yang pas bagi anda yang membutuhkan videotron murah. Hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah persiapan bahan-bahan yang akan digunakan, meliputi :

  1. Modul RGB fullcolorF4
  2. Power Supply 20A5V
  3. ControllerTF-QS2N
  4. Kabel data
  5. Kabel arus dua warna (merah dan hitam)

Langkah-langkah merakit videotron sendiri 

Setelah semua bahan dipersiapkan, hal yang pertama kali harus diperhatikan terkait cara membuat videotron sendiri adalah seberapa besar panel videotron yang ingin kita buat. Besar kecilnya videotron juga mempengaruhi jumlah bahan yang dibutuhkan. Sebagai contoh videotron indoor yang tidak memerlukan ruang besar. Untuk merakit videotronindoor memerlukan modul RGB fullcolor F4, kabel data dan kabel arus masing-masing cukup sebanyak 4 buah saja. Cara penyusunannya sebagai berikut :

  1.  susun modul RGB-nya sesuai arah panah yang tersedia dan pasangkan kabel data sebagai penghubung antar layar sesuai nomor serial sebagaimana instruksi yang tertera pada modul.
  2. Selanjutnya, pasangkan kabel data dengan controller yang sudah disediakan sebelumnya. Perhatikan nomor serial pada kabel dan pasangkan dengan pola yang sama.
  3. Pasangkan kabel arus pada port yang sudah tersedia pada modul RGB.
  4. Kemudian pasangkan kabel yang berwarna merah pada penghubung di bagian powersupply.
  5. Pasangkan juga kabel arus berwarna hitam di powersupply, sesuai kode.
  6. Apabila kabel arus merah dan hitam yang telah terpasang di powersupply, selanjutnya adalah dengan menghubungkan kabel tersebut di controller dengan rincian kabel merah sebagai kutub positif dan kabel hitam sebagai kutub negatif.
  7. Setelah semua kabel sudah terpasang dengan benar, langkah terakhir adalah membuat dudukan untuk modul RGB agar terkait satu sama lain dan bisa terpasang di tempat yang diinginkan.
  8. Videotron sederhana sudah siap disambungkan dengan layar monitor anda.

Sekian penjelasan terkait videotron dan cara membuat videotron sendiri. Tutorial diatas hanya berlaku bagi pembuatan videotron indoor yang tergolong simpel. Sangat cocok bagi anda yang membutuhkan solusi harga videotron indoor murah meriah. Selamat mencoba!

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *